Bea Cukai Banjarmasin gelar operasi pasar barang kena cukai ilegal

1 minutes reading
Sunday, 26 May 2024 09:31 0 36 barisanmedia

Banjarmasin (Barisan Media) – Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengadakan operasi pasar untuk memberantas barang kena cukai ilegal dengan target rokok ilegal, hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL), dan minuman beralkohol (MMEA).

“Operasi ini dilakukan secara berkala dengan menyasar para pedagang yang menjual rokok ilegal, HPTL, dan MMEA,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, R Teddy Laksmana, di Banjarmasin, Sabtu.

Selama tiga hari terakhir operasi di Banjarmasin, pihaknya berhasil menyita 16.280 batang rokok ilegal, tujuh HPTL, dan lima botol MMEA.

Dari hasil penindakan tersebut, Bea Cukai berhasil mengamankan potensi kerugian negara sebesar Rp17 juta.

Teddy mengungkapkan bahwa selain penindakan terhadap barang kena cukai ilegal, setiap operasi pasar juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang dan masyarakat.

Petugas mengingatkan akan bahaya peredaran barang kena cukai ilegal yang semakin meningkat.

“Harapan kami adalah masyarakat terus ikut serta dan mendukung pemberantasan demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Hasil tembakau dan minuman beralkohol ilegal melanggar Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007, termasuk pelanggaran penggunaan pita cukai bekas, pita cukai palsu, dan tidak dilekati pita cukai.

Teddy menegaskan komitmen Bea Cukai untuk melakukan pengawasan terhadap masuk dan beredarnya barang-barang yang membahayakan keamanan negara, merusak kesehatan, dan meresahkan masyarakat.

LAINNYA