Google investasikan Rp5,6 triliun pada Flipkart

1 minutes reading
Sunday, 26 May 2024 09:39 0 39 barisanmedia

Jakarta (Barisan Media) – Google telah menginvestasikan hampir 350 juta dolar AS (sekitar Rp5,6 triliun) di Flipkart, menjadikannya nama terkenal terbaru yang mendukung startup e-commerce India yang dimiliki oleh Walmart.

Perusahaan pembuat Android tersebut juga akan menyediakan layanan cloud untuk Flipkart sebagai bagian dari kesepakatan ini, menurut pernyataan singkat dari startup yang berbasis di Bengaluru pada Jumat (24/5).

Investasi Google ini merupakan bagian dari putaran pendanaan senilai hampir 1 miliar dolar AS (sekitar Rp16 triliun) yang dimulai oleh Flipkart pada tahun 2023.

Walmart telah memimpin putaran pendanaan tersebut, setelah menginvestasikan 600 juta dolar AS (sekitar Rp9,6 triliun) pada akhir tahun lalu.

Dengan investasi baru ini, nilai Flipkart mencapai 36 miliar dolar AS (sekitar Rp578 triliun), memimpin pasar e-commerce di India dengan melayani ratusan juta konsumen di kota-kota kecil. Startup ini, yang juga memiliki startup e-commerce fashion Myntra, menguasai sekitar 48 persen pasar e-commerce India, menurut laporan dari Bernstein.

Flipkart bersaing dengan Reliance Retail, Amazon, Meesho yang didukung oleh SoftBank, serta semakin banyak aplikasi perdagangan cepat. Demikian dilaporkan oleh TechCrunch pada Jumat (24/5).

LAINNYA